My Social Media Profile :
  • Bimbingan Konseling

    Diklat Pendidik Sebaya Angkatan III Kategori Pelajar dan Mahasiwa - Tahun 2012 yang diselenggarakan atas kerjasama UKM PIK STKIP PGRI Tulungagung dan BKKBN Kabupaten Tulungagung.
  • FORDIMAPELAR 2012

    Tahun 2012, Universitas Madura (Unira) menjadi tuan rumah pelaksanaan Forum Diskusi Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (Fordimapelar) se-Jawa Timur.
  • HUT SIK KE-41

    Pagi Sabtu 31 Juli 2010, di depan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) sekitar jam Sembilan pagi, para siswa, staf, guru, Komite Sekolah, orang tua murid, & para alumni mulai berdatangan memasuki kawasan sekolah untuk menghadiri acara peringatan HUT SIK Ke-41
  • Pembangunan Desa

    Perlunya perencanaan keuangan bagi tiap keluarga di desa yang terintegrasi dengan konsultasi dari pihak yang lebih kompeten seperti wakil dari pemerintah daerah, serta professional dari lembaga keuangan.
  • ALUMNI SIK

    Semoga kedepannya hasil output pendidikan nasional bisa berkontribusi secara nyata di masyarakat. Mewujudkan Generasi Emas Indonesia yang berdaya saing global serta kompeten dalam mengolah local genius.

Artikel Pilihan

Senin, 31 Agustus 2009

SEJARAH LAGU KEBANGSAAN MALAYSIA


Ass. Wr. Wb.


Hari ini, 31 Agustus 2009 (31 Ogos 2009) adalah hari kemerdekaan Malingsial dan bila di Indonesia, 31 Agustus merupakan hari yang menyebalkan. Karena pada hari itu, untuk pertama kalinya lagu kebangsaan Malaysia ("Negaraku") dikumandangkan.

Bila anda tahu, sebenarnya cikal bakal lagu "Negaraku" ini tentu lagu TERANG BULAN milik ASLI INDONESIA. Tetapi, bagaimanakah lagu Terang Bulan bisa diubah menjadi Lagu "Negaraku" ini?

Dari beberapa sumber yang ada, Lagu Terang Bulan dipublikasikan pada tahun 1920 dan 1956 untuk kedua kalinya serta baru terkenal di Indonesia Pada tahun 1963-1965. Tapi ada yang menyebut, ada lagu yang bernama "La Rosalie" yang digubah oleh Pierre-Jean de BĂ©ranger pada tahun 1888 yang memiliki kesamaan pada intro dan melodi. Secara logika, Si pembuat lagu Terang Bulan mungkin saja membuat lagu sebelum tahun 1888. Karena pada tahun 1920-lah baru dipublikasikan. Jadi, Lagu Terang Bulan bisa jadi lebih dahulu daripada La Rosalie.

Di Daerah semenanjung Malaya, pada tahun 20-an sudah populer dahulu lagu Terang Bulan ini. Dan oleh Negeri Perak, melodi lagu Terang Bulan dijadikan sebagai lagu kebangsaan Negeri Perak.

Dan pada tanggal 5 Agustus 1957, PM Malaya (Tunku Abdul Rahman) memilih dan memutuskan bahwa lagu kebangsaan Malaya (Nama Tua Malaysia) adalah lagu yang memiliki kemiripan / mengambil melodi sepenuhnya dari Lagu negeri Perak. Dan tanggal 31 Agustus 1957, lagu ini dikumandangkan untuk pertama kalinya.

Sementara itu, Bung Karno yang dahulu tidak memiliki cinderamata untuk Malaya yang akan merdeka (1956) menggunakan Lagu Terang Bulan sebagai cinderamatanya, BUKAN UNTUK DIPATENKAN!

Sehingga dapat disimpulkan, Lagu Terang Bulan merupakan lagu yang kemungkinan PERTAMA dari sederetan lagu-lagu yang memiliki kemiripan melodi.

Lalu, bagaimanakah dengan lagu Malayan Moon? hah, tentu saja ada kesamaannya karena lagu ini memiliki kesamaan dengan lagu La Rosalie yang terletak pada liriknya yang telah diubah ke dalam Bahasa Inggris.

Karena pada zaman kebangkitan Indonesia menuju kemerdekaan, tentu saja orang Indonesia dulu lebih mementingkan MERDEKA daripada Hiburan. Sehingga, tak banyak orang yang tahu sejarah lagu Terang Bulan ini.

Jadi.... Menurut Anda, apakah Lagu Negaraku, Allah Lanjutkan Usia Sultan, La Rosalie, Dan Malayan Moon menjiplak lagu Terang Bulan, Lagu Keroncong MADE IN INDONESIA?

Wass. Wr. Wb

6 comments:

Anonim mengatakan...

Hahaha..inilah bahasa bangsa indon yang berilmu tapi biadap bila berbicara.Kami disini tidak pernah menghina negara kalian dengan nama yang tidak patut diberikan.
Buatlah kajian dengan fakta bukan persepsi dan kebencian.Renunglah kalian, kalau kalian bangsa yang hebat..sila buktikan agar semua sedara kalian disini dipanggil pulang.
Kami disini mengeluarkan fakta bukan andaian. Buakankah lebih elok kalian memberi fakta intelektual dan bukanya makian persepsi.
Janganlah jadi bangsa yang suka berangan dan bermimpi dengan teori dan persepsi yang bodoh.
Oh ye..kalau tiada kerja, kami alukan datang kesini. Gaji susun batubata lagi mahal dari lepasan graduate dari universiti kalian.Jangan risau, kami tidak akan maki hamun kalian kerana bangsa kami disini bangsa yang mempraktikkan ilmu budi bahsa yang tinggi.
Mudah-mudahan kalian akan dapat kerja disini dan jangan membawa sikap angkuh dengan mimpi bangsa indon bangsa yang hebat.

Anonim mengatakan...

click [URL=http://e--store.com/]loui vuitton outlet[/URL] and get big save KcEaXIPG [URL=http://e--store.com/ ] http://e--store.com/ [/URL]

Anonim mengatakan...

buy a [URL=http://jacket-dresses.net/]moncler cheap[/URL] and check coupon code available EbqsASJJ [URL=http://jacket-dresses.net/ ] http://jacket-dresses.net/ [/URL]

Anonim mengatakan...

for QEewkQcb [URL=http://www.ugg--outlet-online.blogspot.com/]kids ugg boots[/URL] , for special offer mTomKDIp [URL=http://www.ugg--outlet-online.blogspot.com/ ] http://www.ugg--outlet-online.blogspot.com/ [/URL]

Anonim mengatakan...

get RkxrLOqt [URL=http://www.gucci-onlinestore.tumblr.com/]gucci bags outlet[/URL] for less whWevIDJ [URL=http://www.gucci-onlinestore.tumblr.com/ ] http://www.gucci-onlinestore.tumblr.com/ [/URL]

Anonim mengatakan...

buy best eynrAVRb [URL=http://www.ugg--outlet-online.blogspot.com/]kids ugg boots sale[/URL] online shopping qrrlbUwL [URL=http://www.ugg--outlet-online.blogspot.com/ ] http://www.ugg--outlet-online.blogspot.com/ [/URL]