My Social Media Profile :
  • Bimbingan Konseling

    Diklat Pendidik Sebaya Angkatan III Kategori Pelajar dan Mahasiwa - Tahun 2012 yang diselenggarakan atas kerjasama UKM PIK STKIP PGRI Tulungagung dan BKKBN Kabupaten Tulungagung.
  • FORDIMAPELAR 2012

    Tahun 2012, Universitas Madura (Unira) menjadi tuan rumah pelaksanaan Forum Diskusi Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (Fordimapelar) se-Jawa Timur.
  • HUT SIK KE-41

    Pagi Sabtu 31 Juli 2010, di depan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) sekitar jam Sembilan pagi, para siswa, staf, guru, Komite Sekolah, orang tua murid, & para alumni mulai berdatangan memasuki kawasan sekolah untuk menghadiri acara peringatan HUT SIK Ke-41
  • Pembangunan Desa

    Perlunya perencanaan keuangan bagi tiap keluarga di desa yang terintegrasi dengan konsultasi dari pihak yang lebih kompeten seperti wakil dari pemerintah daerah, serta professional dari lembaga keuangan.
  • ALUMNI SIK

    Semoga kedepannya hasil output pendidikan nasional bisa berkontribusi secara nyata di masyarakat. Mewujudkan Generasi Emas Indonesia yang berdaya saing global serta kompeten dalam mengolah local genius.

Artikel Pilihan

Jumat, 17 Agustus 2012

Fordimapelar Jawa Timur - Universitas Madura 2012


Tahun 2012, Universitas Madura (Unira) menjadi tuan rumah pelaksanaan Forum Diskusi Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (Fordimapelar) se-Jawa Timur. Acara tersebut merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan dengan kerjasama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) penelitian dan penalaran dari kampus - kampus yang aktif dalam kegiatan ilmiah tersebut. Dengan persiapan dari pantia, yang mayoritas aktivis Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) kampus Unira, acara tersebut akhirnya bisa terlaksana dengan lancar. Mulai dari regristrasi peserta sampai serangkaian acara penutup.
Menjadi pusat operasional pilihan panitia dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah Gedung Koperasi Kabupaten Pamekasan yang terletak di selatan alun - alun kota. Sementara itu, kontingen mahasiswa yang hadir mulai dari perwakilan mahasiswa di daerah Madura sendiri, kampus - kampus utama daerah Surabaya, Malang, sampai kontingen terjauh dari UKM IKLIM dari Tulungagung. Walaupun dari daerah yang berbeda pada proses kedatangan panitia bisa mengakomodasikan dengan baik, dimana peserta tersebut mulai berdatangan pada H-1 sebelum acara inti, dngan tujuan peserta lebih siap setelah perjalanan. Beristirahat untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti acara dan Lomba Karya Ilmiah.

Sabtu, 28 April 2012, acara dimulai. Pagi hari,  masih bertempat di Gedung Koperasi, kegiatan yang dijadwalkan berlangsung tiga hari tersebut dimulai. Divisi acara memperkenalkan diri dan acara pun ditesmikan oleh perwakilan dari Unira. Langsung, seusai pembukaan dilanjutkan dengan Seminar Ilmiah yang menghadirkan beberapa narasumber dari Unira sendiri. Tema yang dipilih adalah permasalahan lingkungan menuju era industrialisasi. Tema yang dinilai relevan untuk dibahas bersama peserta yang mayoritas peduli lingkungan yang dibuktikan dengan karya - karya ilmiah mereka sebelumnya. Ishoma dan langsung diikuti follow up kegiatan inti yaitu presentasi dari tiap kelompok peserta untuk karya ilmiah yang dilombakan. Presentasi ini, dibagi menjadu dua sesi. Sebagian kelompok pada siang hari dan yang lain pada sesi kedua setelah istirahat selesai sesi sebelumnya. Usai sudah acara pada hari itu.
Hari kedua, pagi hari panitia dari kampus yang terletak di Jalan Raya Panglegur mulai tampak sibuk, walaupun acara baru dimlai pada siang harinya. Nantinya, akan dilaksanakan di auditorium Unira. Hari ini dilaksanakan Sidang Pleno I - IV. Dengan agenda sidang pleno adalah pembahasan tata tertib sidang, pemilihan presidium sidang.. Sidang Pleno II membahas pembentukan komisi - komisi diikuti rapat komisi. Berlanjut ke Sidang Pleno III sidang dan pengesahan rekomendasi. Sampai ke Sidang Pleno IV menetapkan pemilihan tuan rumah tahun 2013. Ternyata, sidang tersebut selesai lebih awal. Walaupun ada perdebatan, namun akhirnya menghasilkan putusan yang disepakati. Sehingga, terpilih tuan rumah pelaksana untuk tahun 2013, yaitu Universitas Kanjuruhan Malang. Dan katena acara selesai lebih awal, untuk mempererat silaturahmi antar peserta dilanjutkan dengan sharing antar UKM.

Pada hari terakhir, peserta terlihat antusias mulai dari awal. Pasalnya, hari terakhir ini peserta akan mengikuti fieldtrip keliling madura, mengunjungi objek pariwisata menarik sambil mempelajarinya untuk observasi lingkungan. Antara tempat yang dituju, yakni Pantai Lombang Sumenep, puat kota Sumenep beserta keraton. Seharian penuh acara berlangsung, mulai keberangkatan dari penginapan jam sembilan pagi sampai kembali dari perjalanan jam lima sore. Sekembalinya di penginapan, peserta istirahat dan mempersiapkan diri untuk acara penutupan dan pengumuman pemenang lomba karya ilmiah yang dilsksanakan di Auditorium. Sampai acara ditutup resmi oleh perwakilan staff Unira. Peserta pun mulai check out meninggalkan penginapan. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar. Terima kasih penulis ucapkan kepada segenap panitia dan peserta yang telah hadir. Untuk tuan rumah pelaksana tahun 2013, Universitas Kanjuruhan Malang semoga bisa terlaksana juga dengan sukses. Sekaligus selamat bekerja untuk panitia di sana. Dengan harapan kedepannya, mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni ilmu di bidangnya saja, tetapi aktif di karya ilmiah dan penelitian. Mahasiswa mengembamgkan soft skill agar menjadi lulusan yang mandiri, penuh inisiatif, berkarya, bekerja secara cermat penuh tanggung jawab dam gigih. Pastinya, semua mahasiswa mampu untuk menjadi pembelajar yang sukses.

0 comments:

My Youtube Profile

Loading...