My Social Media Profile :
  • Bimbingan Konseling

    Diklat Pendidik Sebaya Angkatan III Kategori Pelajar dan Mahasiwa - Tahun 2012 yang diselenggarakan atas kerjasama UKM PIK STKIP PGRI Tulungagung dan BKKBN Kabupaten Tulungagung.
  • FORDIMAPELAR 2012

    Tahun 2012, Universitas Madura (Unira) menjadi tuan rumah pelaksanaan Forum Diskusi Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (Fordimapelar) se-Jawa Timur.
  • HUT SIK KE-41

    Pagi Sabtu 31 Juli 2010, di depan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) sekitar jam Sembilan pagi, para siswa, staf, guru, Komite Sekolah, orang tua murid, & para alumni mulai berdatangan memasuki kawasan sekolah untuk menghadiri acara peringatan HUT SIK Ke-41
  • Pembangunan Desa

    Perlunya perencanaan keuangan bagi tiap keluarga di desa yang terintegrasi dengan konsultasi dari pihak yang lebih kompeten seperti wakil dari pemerintah daerah, serta professional dari lembaga keuangan.
  • ALUMNI SIK

    Semoga kedepannya hasil output pendidikan nasional bisa berkontribusi secara nyata di masyarakat. Mewujudkan Generasi Emas Indonesia yang berdaya saing global serta kompeten dalam mengolah local genius.

Artikel Pilihan

Sabtu, 03 November 2012

Sosialisasi Berbasis Masyarakat Desa (SBMD) Sebagai Strategi Pendidikan Anti Korupsi


Upaya pemberantasan korupsi di Indonesia merupakan jalan yang masih panjang dan penuh tantangan. Korupsi lebih banyak dimaklumi oleh masyarakat pedesaan daripada membantu memberantasnya. Ditambah lagi, kasus tindak pidana korupsi belum sepenuhnya dipahami masyarakat pedesaan dan sulit diungkapkan  karena para pelakunya menggunakan peralatan yang canggih, serta dalam keadaan terorganisasi. Menyadari kompleksitas permasalahan korupsi dan penegakan hukum secara konvensional masih belum dimengerti sepenuhnya oleh masyarakat. Jadi, selaras dan tidak tumpang tindih dengan berbagai program kerja KPK yang sudah  ada, maka diperlukan suatu metode baru yang lebih tepat sasaran.
Sosialisasi Pendidikan Anti Korupsi terhadap elemen terbesar masyarakat Indonesia, yaitu masyarakat pedesaan sangat diperlukan saat ini, yaitu metode SBMD. Walaupun sederhana, namun mudah diterima, dipahami, dan KPK bisa melaksanakannya dengan berkoordinasi dengan lembaga negara lainnya. Pendekatan pertama, penggunaan pengaruh tokoh desa dalam acara sosial untuk sosialisasi Pendidikan Anti Korupsi. Kedua, mengoptimalkan peran "toko kejujuran" di tingkat desa. Ketiga, pembuatan media konstruksi konkrit di desa- desa, seperti gapura atau tugu tentang jargon tolak korupsi, dan hargai kejujuran. Jadi, metode SBMD dengan tiga pendekatan sekaligus dengan harapan bisa dilaksanakan, tepat sasaran sebagai upaya dalam menelusuri jalan panjang dan penuh tantangan dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

10 comments:

afdoli mengatakan...

keren ide nya Bop.. semoga sukses selalu..
dan semangat tetap terpelihara
Semoga Indonesia bisa bebas dari Korupsi untuk Indonesia Mandiri

salam Ayo Bangkit Indonesia

Anonim mengatakan...

lanjut gan

Parianto mengatakan...

Terima kasih atas dukungannya...Super sekali !!!

Anonim mengatakan...

klik ok

Anonim mengatakan...

apaan tuh

Anonim mengatakan...

sundul gan, up, up !

Dedi Parianto mengatakan...

ternyata peserta yang ikut lomba ini bnyak sekali....lebih 500 peserta !!!
luar biasa !!!

afdoli mengatakan...

kompetisi sudah selesai.. semoga semangatnya tetap terpelihara
jayalah Indonesia..
semangat ayo bangkit indonesia

Try Out Online mengatakan...

Wihhh.... Artikel yang anda post kan bagus banget.....


Ayo ikuti kompetisi cerdas cermat online. dan menangkan hadiah jutaan rupiah dan berbagai hadiah menarik lainnya.

Try Out Online mengatakan...

Wihhh.... Artikel yang anda post kan bagus banget.....


Ayo ikuti kompetisi cerdas cermat online. dan menangkan hadiah jutaan rupiah dan berbagai hadiah menarik lainnya.

My Youtube Profile

Loading...