My Social Media Profile :
  • Bimbingan Konseling

    Diklat Pendidik Sebaya Angkatan III Kategori Pelajar dan Mahasiwa - Tahun 2012 yang diselenggarakan atas kerjasama UKM PIK STKIP PGRI Tulungagung dan BKKBN Kabupaten Tulungagung.
  • FORDIMAPELAR 2012

    Tahun 2012, Universitas Madura (Unira) menjadi tuan rumah pelaksanaan Forum Diskusi Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (Fordimapelar) se-Jawa Timur.
  • HUT SIK KE-41

    Pagi Sabtu 31 Juli 2010, di depan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) sekitar jam Sembilan pagi, para siswa, staf, guru, Komite Sekolah, orang tua murid, & para alumni mulai berdatangan memasuki kawasan sekolah untuk menghadiri acara peringatan HUT SIK Ke-41
  • Pembangunan Desa

    Perlunya perencanaan keuangan bagi tiap keluarga di desa yang terintegrasi dengan konsultasi dari pihak yang lebih kompeten seperti wakil dari pemerintah daerah, serta professional dari lembaga keuangan.
  • ALUMNI SIK

    Semoga kedepannya hasil output pendidikan nasional bisa berkontribusi secara nyata di masyarakat. Mewujudkan Generasi Emas Indonesia yang berdaya saing global serta kompeten dalam mengolah local genius.

Artikel Pilihan

Jumat, 12 September 2008

MENGATUR WAKTU

PENGATURAN JADWAL BELAJAR EFEKTIF

Artikel ini saya rangkum dari berbagai sumber :
(maaf kalau lupa menyebutkan satu persatu sumbernya)

Pengaturan waktu adalah membuat dan melakukan jadwal belajar agar dapat mengatur dan memprioritaskan belajarmu dalam konteks membagi waktu dengan aktifitas, keluarga, dan lain-lain.

Pedoman :
- Perhatikan waktumu
- Refleksikan bagaimana kamu menghabiskan waktumu
- Sadarilah kapan kamu menghabiskan waktu dengan sia-sia
- Ketahuilah kapan kamu produktif

Dengan memngetahui bagaimana kamu menghaibskan waktu dapat membantu untuk :
Pertama, membuat daftar “kerjaan”.Tulislah hal-hal yang harus kamu kerjakan, kemudian putuskan apa yang harus dikerjakan sekarang, apa yang dikerjakan nanti,apa yang dikerjakan orang lain, dan apa yang harus ditunda dulu pengerjaannya.
Kedua, membuat jadwal harian/mingguan. Catat janji temu, kelas dan pertemuan pada buku/tabel kronologis. Selalu mengetahui jadwal selama sehari, dan selalu pergi tidur dengan mengetahui kamu sudah siap untuk menyambut besok.
Ketiga, merencanakan jadwal lebih panjang. Gunakan jadwal bulanan sehingga kamu selalu bisa merencanakan kegiatanmu lebih dulu. Jadwal ini juga bisa mengingatkanmu untuk membuat waktu luangmu lebih nyaman.

Rencana jadwal belajar efektif :
- Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburan
- Prioritaskan tugas-tugas
- Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas
- Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas. Ingat, bahwa kemungkinan besar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam tanpa review
- Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar
- Pilih tempat yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk belajar
- Rencanakan juga “deadline”
- Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sore hari
- Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan
- Hati-hati, jangan sampai diperbudak oleh jadwalmu sendiri

0 comments:

My Youtube Profile

Loading...