My Social Media Profile :
  • Bimbingan Konseling

    Diklat Pendidik Sebaya Angkatan III Kategori Pelajar dan Mahasiwa - Tahun 2012 yang diselenggarakan atas kerjasama UKM PIK STKIP PGRI Tulungagung dan BKKBN Kabupaten Tulungagung.
  • FORDIMAPELAR 2012

    Tahun 2012, Universitas Madura (Unira) menjadi tuan rumah pelaksanaan Forum Diskusi Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (Fordimapelar) se-Jawa Timur.
  • HUT SIK KE-41

    Pagi Sabtu 31 Juli 2010, di depan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) sekitar jam Sembilan pagi, para siswa, staf, guru, Komite Sekolah, orang tua murid, & para alumni mulai berdatangan memasuki kawasan sekolah untuk menghadiri acara peringatan HUT SIK Ke-41
  • Pembangunan Desa

    Perlunya perencanaan keuangan bagi tiap keluarga di desa yang terintegrasi dengan konsultasi dari pihak yang lebih kompeten seperti wakil dari pemerintah daerah, serta professional dari lembaga keuangan.
  • ALUMNI SIK

    Semoga kedepannya hasil output pendidikan nasional bisa berkontribusi secara nyata di masyarakat. Mewujudkan Generasi Emas Indonesia yang berdaya saing global serta kompeten dalam mengolah local genius.

Artikel Pilihan

Senin, 22 Juli 2013

Pemuda Dan Pendidikan Non Formal


Pemuda merupakan individu yang secara fisik sedang mengalami pertumbuhan jasmani dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional. Pemuda harus memiliki kapasitas tertentu untuk masuk ke kalangan kelompok profesional agar mampu bersaing pada tataran global. Di sinilah peranan pendidikan terutama bidang keagamaan yang merupakan penolong utama bagi manusia untuk menjalani kehidupan dan pemuda menjadi titik strategis untuk tumpahnya perhatian dalam pengembangan kegiatan pendidikan Islam non formal.

Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja. Pendidikan kesetaraan meliputi Paket A, Paket B dan Paket C, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik seperti: Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, majelis taklim, sanggar, dan lain sebagainya, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.[1]

Dengan bermunculannya pendidikan nonformal di sekitar kita maka diharapkan anak akan mendapatkan nilai dan ilmu lebih dari apa yang telah mereka dapatkan di sekolah dan lingkungan keluarganya. Sesungguhnya pendidikan nonformal adalah pendukung dari pendidikan formal yang anak-anak wajib hukumnya dapatkan di sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta. Pendidikan Nonformal juga pendukung dari pendidikan informal yang anak-anak harus terima dari lingkungan keluarga. Dalam hal ini menyangkut pendidikan agama, budi pekerti, etika, sopan santun, moral dan sosialisasi yang seharusnya diperkenalkan perdana sekali oleh kedua orang tua mereka. Terkadang tidak sedikit orang tua yang melupakan peran pentingnya dalam mengutamakan pendidikan informal melalui tangan mereka sendiri. Mereka lebih puas jika pendidikan informal itu menjadi tugas rangkap para pendidik di pendidikan nonformal. [2]
Wahai Pemuda Islam , kalian diciptakan di bumi ini untuk mewujudkan ketaatan dan pengabdian kepada Allah serta untuk menyerahkan diri sepenuhnya.Hal ini sebagaimana Firman Allah :

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia Melainkan supaya mereka menyembahku"(Adz-dzariyat 56).

Wahai Pemuda islam kalian diciptakan untuk tetap konsekwen kepada konsepsi robbani yang suci dari rona-rona kebatilan baik yang datang dari depan maupun dari belakang.konsepsi ini bersumber dari zat yang maha bijaksana lagi Maha Terpuji.

Allah SWT berfirman :

"Barang siapa mencari agama selain agama islam , maka sekali-kali tidaklah akan diterima daripadanya,dan dia diakhirat termasuk orang-orang yang rugi."(Ali Imran 85).

Wahai Pemuda Islam , kalian diperintah untuk siap dipimpin dan loyal kepada Allah SWT , kepada RasulNya dan kepada orang-orang yang beriman, Sebagaimana firman Allah SWT :
           
"Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah , Rassulnya , dan orang-orang yang beriman , yang mendirikan shalat dan menunaikan Zakat ,seraya mereka tunduk(kepada Allah).
Dan barang siapa mengambil Allah RasulNya dan orang-orang yang beriman sebagai penolongnya maka sesungguhnya pengikut agama Allah itulah yang pasti menang."(Al-Maidah 55-56).


[1] Wikipedia – Bahasa Indonesia. 2012. Pendidikan Non Formal. Wikipedia : California.
URL : http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_nonformal
[2] Vera. 2012. Pendidikan Non Formal. Jakarta : Kompasiana.
URL : http://edukasi.kompasiana.com/2012/05/07/pendidikan-nonformal-460462.html

2 comments:

Dedi Parianto mengatakan...

maaf, paragrafnya masih kacau

Anonim mengatakan...

artikel yang kemaren masih ada di flaskdisk

My Youtube Profile

Loading...