My Social Media Profile :
  • Bimbingan Konseling

    Diklat Pendidik Sebaya Angkatan III Kategori Pelajar dan Mahasiwa - Tahun 2012 yang diselenggarakan atas kerjasama UKM PIK STKIP PGRI Tulungagung dan BKKBN Kabupaten Tulungagung.
  • FORDIMAPELAR 2012

    Tahun 2012, Universitas Madura (Unira) menjadi tuan rumah pelaksanaan Forum Diskusi Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (Fordimapelar) se-Jawa Timur.
  • HUT SIK KE-41

    Pagi Sabtu 31 Juli 2010, di depan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) sekitar jam Sembilan pagi, para siswa, staf, guru, Komite Sekolah, orang tua murid, & para alumni mulai berdatangan memasuki kawasan sekolah untuk menghadiri acara peringatan HUT SIK Ke-41
  • Pembangunan Desa

    Perlunya perencanaan keuangan bagi tiap keluarga di desa yang terintegrasi dengan konsultasi dari pihak yang lebih kompeten seperti wakil dari pemerintah daerah, serta professional dari lembaga keuangan.
  • ALUMNI SIK

    Semoga kedepannya hasil output pendidikan nasional bisa berkontribusi secara nyata di masyarakat. Mewujudkan Generasi Emas Indonesia yang berdaya saing global serta kompeten dalam mengolah local genius.

Artikel Pilihan

Sabtu, 27 Juli 2013

Kegiatan Positif di Bulan Ramadhan


Buka Puasa Bersama. Bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk berbagi kebahagiaan dengan mereka yang kurang beruntung. Dengan menahan lapar dan haus selama bulan puasa, kita bisa menyadari penderitaan kaum miskin yang harus menahan lapar setiap hari. Sementara itu, anak yatim tak bisa merasakan bahagianya sahur dan buka puasa bersama orang tua. Kita bisa meringankan penderitaan mereka dengan  buka puasa bersama.

Belajar Memasak. Di bulan Ramadhan, banyak majalah menampilkan resep makanan dan minuman yang cocok untuk berbuka puasa. Bereksperimen di dapur dengan mencoba membuat menu makanan tersebut bisa membuat waktu terasa cepat berlalu. Tapi, jangan keasyikan mencicipi masakan yang kamu buat ya! Jika sukses mencoba resep baru, hidangan yang kamu buat bisa disajikan untuk keluarga, dibagikan ke tetangga atau disumbangkan sebagai takjil di masjid.



Membersihkan rumah. Berpuasa juga bisa diisi dengan kegiatan membersihkan atau merapikan rumah hingga ke sudut-sudut yang jarang dijangkau sebelumnya. Ketika Idul Fitri tiba, saudara dan tetangga biasanya akan berkunjung ke rumah. Tentu memalukan jika kondisi rumah kotor dan berantakan. Daripada kerja bakti menjelang Idul Fitri, lebih baik merapikan rumah sedikit demi sedikit selama bulan puasa. Selain kegiatan di atas, masih banyak kegiatan bulan Ramadhan yang biasa dilakukan umat Muslim di Indonesia. Namun, tak semuanya dianggap baik di mata agama. Sebagai contoh, umat Islam di Indonesia punya tradisi “Ngabuburit” yang artinya “menunggu waktu berbuka puasa”. Meski menyenangkan, tradisi yang berasal dari daerah Sunda ini dianggap menyia-nyiakan waktu dan sedikit bertolak belakang dengan ajaran agama. Kini, Ngabuburit tak hanya populer di Jawa Barat tetapi juga Jakarta dan berbagai wilayah lainnya di Indonesia.

0 comments:

My Youtube Profile

Loading...