My Social Media Profile :
  • Bimbingan Konseling

    Diklat Pendidik Sebaya Angkatan III Kategori Pelajar dan Mahasiwa - Tahun 2012 yang diselenggarakan atas kerjasama UKM PIK STKIP PGRI Tulungagung dan BKKBN Kabupaten Tulungagung.
  • FORDIMAPELAR 2012

    Tahun 2012, Universitas Madura (Unira) menjadi tuan rumah pelaksanaan Forum Diskusi Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (Fordimapelar) se-Jawa Timur.
  • HUT SIK KE-41

    Pagi Sabtu 31 Juli 2010, di depan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) sekitar jam Sembilan pagi, para siswa, staf, guru, Komite Sekolah, orang tua murid, & para alumni mulai berdatangan memasuki kawasan sekolah untuk menghadiri acara peringatan HUT SIK Ke-41
  • Pembangunan Desa

    Perlunya perencanaan keuangan bagi tiap keluarga di desa yang terintegrasi dengan konsultasi dari pihak yang lebih kompeten seperti wakil dari pemerintah daerah, serta professional dari lembaga keuangan.
  • ALUMNI SIK

    Semoga kedepannya hasil output pendidikan nasional bisa berkontribusi secara nyata di masyarakat. Mewujudkan Generasi Emas Indonesia yang berdaya saing global serta kompeten dalam mengolah local genius.

Artikel Pilihan

Sabtu, 06 Juli 2013

Studi Banding HMPP Ekonomi STKIP PGRI Tulungagung ke Universitas Negeri Malang (UM), Lebih Dari Sekedar “Jalan – Jalan”

Perlunya wawasan dan pengalaman bagi mahasiswa memang menjadi prioritas, selain kajian teoritis di kampus, mahasiswa harus mempunyai pengalaman praktik tentang kajian materi yang diberikan, serta dilatar belakangi oleh upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui  kegiatan organisasi kemahasiswaan sangat dirasakan perlunya kegiatan kukikuler dan ekstrakulikuler secara berimbang, serasi dan profesional guna terwujudnya tujuan pendidikan yang diharapkan. Hal tersebut, bisa dipenuhi salah satunya dengan adanya kegiatan studi banding.

Mulai fenomena di atas, dalam upaya menambah pengalaman dan terbukanya buka pola pikiran dan sikap mahasiswa terhadap perkembangan internal dan ekternal kampus merupakan faktor penting bagi perkembangan kampus kegiatan kemahasiswaannya. Oleh karena itulah pada hari Jumat, 5 Juli 2013 yang lalu, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi (HMPP Ekonomi) dari kampus STKIP PGRI Tulungagung melaksanakan kegiatan kunjungan ke Universitas Negeri Malang (UM), dalam rangka studi banding dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ Ekonomi Pembangunan).
 
Kegiatan Studi banding tersebut berlangsung selama kurang lebih empat jam, mulai dari 10.00 sampai dengan 14.00 WIB, bertempat di Auditorium D4 Gedung Fakultas Ekonomi, dihadiri oleh segenap pengurus inti dari HMPP Ekonomi dan HMJ Ekonomi Pembangunan, beserta bapak/ ibu dosen dari masing – masing pihak. Kali ini, kegiatan studi banding tidak hanya diartikan melakukan kunjungan ke luar daerah atau sekedar “jalan – jalan”. Bagi mahasiswa yang tergabung dalam HMPP Ekonomi STKIP PGRI Tulungagung, pengertian utama program kerja yang tergolong masih baru ini adalah proses pembelajaran dari satu tempat yang dianggap lebih mapan dan maju. Sehingga, dalam acara ini disepakati bahwa tujuan studi banding itu sekurang – kurangnya terdiri dari tiga hal pokok, yakni untuk menambah wawasan tentang keorganisasian yang lebih terstruktur dari HMJ Ekonomi Pembangunan, untuk menimba pengalaman dari program kerja tingkat nasional yang sudah dilaksanakan oleh HMJ Ekonomi Pembangunan, dan secara umum untuk menambah cakrawala berfikir. Acara yang tergolong singkat ini dimulai dengan pembukaan, sambutan dan sesi interaktif, acara diakhiri dengan penyerahan cindera mata dari masing-masing perwakilan kedua belah pihak.

Melengkapi kegiatan studi banding, setelah selesai melaksanakan serangkaian kegiatan di Auditorium D4 Gedung Fakultas Ekonomi, segenap pengurus inti dari HMPP Ekonomi serta dosen pendamping melaksanakan kegiatan lanjutan, yakni  berupa kunjungan ke pusat industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berupa usaha budidaya dan grosir jamur di Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Lantas, menjelang tengah malam, sekitar jam 23.30 WIB rombongan yang menaiki satu bus pariwisata ini pun kembali ke kampus STKIP PGRI Tulungagung dengan selamat. 

Semoga dengan kegiatan studi banding ini bisa menambah produktifitas dalam berorganisasi pada masing – masing organisasi mahasiswa baik pihak tuan rumah maupun dari pihak tamu, karena esensi dari studi  banding pada dasarnya adalah proses menggali ilmu khusus tentang kelebihan tempat lain. Hasil studi banding adalah informasi-informasi penting yang bisa digali di lingkungan yang dikunjungi dan harus membawa hasil konkret yang menggembirakan sekaligus menghasilkan laporan progresif yang bisa dijadikan data pembanding oleh kampus STKIP PGRI Tulungagung sendiri.

0 comments:

My Youtube Profile

Loading...