My Social Media Profile :
  • Bimbingan Konseling

    Diklat Pendidik Sebaya Angkatan III Kategori Pelajar dan Mahasiwa - Tahun 2012 yang diselenggarakan atas kerjasama UKM PIK STKIP PGRI Tulungagung dan BKKBN Kabupaten Tulungagung.
  • FORDIMAPELAR 2012

    Tahun 2012, Universitas Madura (Unira) menjadi tuan rumah pelaksanaan Forum Diskusi Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (Fordimapelar) se-Jawa Timur.
  • HUT SIK KE-41

    Pagi Sabtu 31 Juli 2010, di depan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) sekitar jam Sembilan pagi, para siswa, staf, guru, Komite Sekolah, orang tua murid, & para alumni mulai berdatangan memasuki kawasan sekolah untuk menghadiri acara peringatan HUT SIK Ke-41
  • Pembangunan Desa

    Perlunya perencanaan keuangan bagi tiap keluarga di desa yang terintegrasi dengan konsultasi dari pihak yang lebih kompeten seperti wakil dari pemerintah daerah, serta professional dari lembaga keuangan.
  • ALUMNI SIK

    Semoga kedepannya hasil output pendidikan nasional bisa berkontribusi secara nyata di masyarakat. Mewujudkan Generasi Emas Indonesia yang berdaya saing global serta kompeten dalam mengolah local genius.

Artikel Pilihan

Selasa, 26 Maret 2013

Terjebak Rutinitas Organisasi Mahasiswa


Mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan layaknya dua hal yang sulit dipisahkan. Bagi mahasiswa, sepertinya belum lengkap jika perkuliahan hanya diisi kegiatan - kegiatan akademik saja. Sementara banyak organisasi kemahasiswaan baik intern kampus maupun antar kampus yang terlihat menarik untuk diikuti kegiatan - kegiatan yang ada di dalam organisasi kemahasiswaan tersebut. Begitu juga, organisasi kemahasiswaan hadir dengan berbagai macam latar belakang, mulai dari yang berbasis,religius, nasionalis, berdasar minat, bakat, dan hobi tertentu, dikemas dengan struktur dan pendekatan pada mahasiswa baru sehingga tidak sulit rasanya untuk merekrut kader penerus yang akan menjalankan roda organisasi selanjutnya. Bamyak mahasiswa pun akhirnya memilih untuk ikut serta dalam organisasi kemahasiswaan yang mereka rada sesuai untuk menyalurkan minat, bakat, dan aspirasi. Di sinilah awal mulanya mahasiswa banyak menghabiskan waktu untuk organisasi yang memang terjadwal begitu pafat. Mungkin, bagi mahasiswa "junior" belum begitu banyak waktu tersita, namun seiring meningkatnya struktur mereka menjadi "senior", maka intensitas penggunaan waktu tersebut juga ikut meningkat, dan yang paling bermasalah bagi mahasiswa yang tidak memiliki manajemen waktu yang baik, maka banyak waktu produktif mereka pun akhirnya tidak digunakan sebagaimana mestinya. Organisasi kemahasiswaan memang harus diikuti untuk meningkatkan skill of comunication, social skill, dan management practice, namun bukan untuk rutinitas yang akhirnya mengganggu aktivitas akademik yang prioritasnya lebih utama.

0 comments:

My Youtube Profile

Loading...