My Social Media Profile :
  • Bimbingan Konseling

    Diklat Pendidik Sebaya Angkatan III Kategori Pelajar dan Mahasiwa - Tahun 2012 yang diselenggarakan atas kerjasama UKM PIK STKIP PGRI Tulungagung dan BKKBN Kabupaten Tulungagung.
  • FORDIMAPELAR 2012

    Tahun 2012, Universitas Madura (Unira) menjadi tuan rumah pelaksanaan Forum Diskusi Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (Fordimapelar) se-Jawa Timur.
  • HUT SIK KE-41

    Pagi Sabtu 31 Juli 2010, di depan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) sekitar jam Sembilan pagi, para siswa, staf, guru, Komite Sekolah, orang tua murid, & para alumni mulai berdatangan memasuki kawasan sekolah untuk menghadiri acara peringatan HUT SIK Ke-41
  • Pembangunan Desa

    Perlunya perencanaan keuangan bagi tiap keluarga di desa yang terintegrasi dengan konsultasi dari pihak yang lebih kompeten seperti wakil dari pemerintah daerah, serta professional dari lembaga keuangan.
  • ALUMNI SIK

    Semoga kedepannya hasil output pendidikan nasional bisa berkontribusi secara nyata di masyarakat. Mewujudkan Generasi Emas Indonesia yang berdaya saing global serta kompeten dalam mengolah local genius.

Artikel Pilihan

Minggu, 05 September 2010

Menyelamatkan Korban Ujian Nasional

22 – 24 Januari 2010, seluruh siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) kelas ujian selama 3 hari 2 malam meninggalkan lingkungan sekolah untuk tinggal sementara di Agrotek Resort, Hulu Langat. Mengikut jadwal padat yang disediakan panitia kegiatan yang dikoordinasi oleh Airbone Discovery Malaysia. Tujuan utama memotivasi siswa mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional. Penuh antusias semua siswa mengikuti acara – acara seperti Renungan Malam, Outdoor Activity, Mental Training, dsb. Meninggalkan kesan yang cukup mendalam serta meningkatkan semangat siswa waktu itu. Sehingga, sepulangnya sekitar seratus siswa yang mengikuti acara ini ke rumah masing – masing, serasa seratus persen siap untuk menghadapi Ujian Nasional nantinya.

15 – 19 Februari 2010, persiapan terkahir. Diisi dengan pembahasan soal, strategi menjawab soal, rangkuman soal – soal tahun sebelumnya. Dengan keadaan siswa yang semakin stress, panik, dan ketakutan.

22 – 26 Maret 2010, Ujian Nasional SMA di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) dilaksanakan. Penuh harap setiap siswa memasuki ruang ujian, dengan dua pengawas ujian sudah berdiri di depan mereka. Setelah mengisi daftar hadir, soal- soal tersebut satu persatu dikerjakan. Tampak beberapa orang siswa menangis ketika menjawab soal, membuat siswa laiinya menjadi semakin gugup dan ketakutan. Satu minggu lamanya suasana dialami oleh siswa – siswi tersebut. Sehingga Ujian Nasional berakhir.

26 April 2010, Pengumuman kelulusan siswa SMA di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK). Di dalam Gedung Serbaguna sekolah, di depan kepala sekolah, guru – guru, dan staff lainnya, serta orang tua, satu persatu siswa dipanggil untuk membaca selembar kertas berisi hasil usaha mereka 3 tahun di SMA. Yang lulus segera menyalami gurunya, sujud sukur, dan menghubungi orang tuanya di rumah, sementara yang belum lulus terpaksa harus menerima kenyataan dengan sebagian dari mereka menangis, bahkan pingsan di Gedung Serbaguna tersebut.

10 – 14 Mei 2010, Pelaksanaan Ujian Nasional Ulang. Pasrah, tampak lelah setiap wajah – wajah itu memasuki kembali ruang ujian. Bagaikan menunggu nasib, melamun dan menjawab soal secara tidak teliti. Meninggalkan ruang ujian dengan langkah yang berat dan kecewa.

7 Juni 2010, Pengumuman kelulusan Ujian Nasional Ulang. Melalui telepon, setiap orang tua siswa diberitahukan nilai hasil ujian putra – putrinya.

“Peserta Ujian Nasional dinyatakan lulus jika memenuhi standar kelulusan sebagai berikut : memiliki nilai rata – rata minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan nilai minimal 4,00 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya."

Jika nilai Ujian Nasional pertama masih belum memenuhi kriteria kelulusan, peserta harus mengikuti Ujian Nasional Ulang khusus mata pelajaran yang belum memenuhi kriteria kelulusan tersebut . Peserta Ujian Nasional Ulang dapat mengikuti seluruh atau sebagian mata pelajaran dengan nilai di bawah 5,50 yang dipilih. Nilai akhir penentuan kelulusan adalah nilai tertinggi dari kedua Ujian Nasional tersebut.”

19 Juni 2010, Acara Tutup tahun, pengambilan rapor, dan perpisahan siswa kelas ujian. Menyaksikan dari 54 siswa SMA, 25 harus mengikut Ujian Nasional Ulang, dan 8 siswa dengan nilai belum sesuai dengan standar kelulusan.

3 Juli 2010, Pengambilan Ijazah di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK). Disaksikan oleh Wakil Kepala Sekolah Kurikulum. Masing – masing mengucapkan selamt tinggal dan selamat berusaha untuk mendapatkan apa yang diinginkan, lebih sukses dan berprestasi.

31 Juli 2010, Hari Ulang Tahun Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK). Selamat tinggal dan terima kasih buat terakhir kalinya.

Semoga Ujian Nasional yang akan datang akan menghasilkan kadar kelulusan yang lebih baik dari tahun ini. Dan, semoga adik – adik kelas yang akan menghadapi Ujian Nasional akan lebih siap, dan akhirnya lulus dengan nilai – nilai yang baik dan mampu bersaing dengan lulusan dari sekolah lain.

0 comments:

My Youtube Profile

Loading...