My Social Media Profile :
  • Bimbingan Konseling

    Diklat Pendidik Sebaya Angkatan III Kategori Pelajar dan Mahasiwa - Tahun 2012 yang diselenggarakan atas kerjasama UKM PIK STKIP PGRI Tulungagung dan BKKBN Kabupaten Tulungagung.
  • FORDIMAPELAR 2012

    Tahun 2012, Universitas Madura (Unira) menjadi tuan rumah pelaksanaan Forum Diskusi Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (Fordimapelar) se-Jawa Timur.
  • HUT SIK KE-41

    Pagi Sabtu 31 Juli 2010, di depan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) sekitar jam Sembilan pagi, para siswa, staf, guru, Komite Sekolah, orang tua murid, & para alumni mulai berdatangan memasuki kawasan sekolah untuk menghadiri acara peringatan HUT SIK Ke-41
  • Pembangunan Desa

    Perlunya perencanaan keuangan bagi tiap keluarga di desa yang terintegrasi dengan konsultasi dari pihak yang lebih kompeten seperti wakil dari pemerintah daerah, serta professional dari lembaga keuangan.
  • ALUMNI SIK

    Semoga kedepannya hasil output pendidikan nasional bisa berkontribusi secara nyata di masyarakat. Mewujudkan Generasi Emas Indonesia yang berdaya saing global serta kompeten dalam mengolah local genius.

Artikel Pilihan

Jumat, 07 September 2012

Sindrom Hari Senin



Biasanya secara emosional dan psikologis rata-rata orang benci dengan hari Senin, tertanam di pikiran kalau Senin itu selalu jadi hari yang sibuk dan super menyebalkan. Bahkan sampai ada pameo “ I hate Monday”“ Senin Neraka Jahanam”, “ Senin Terkutuk” dan ada lagu khusus yang sangat populer di chart terhormat di Inggris pada tahun 1979 yaitu lagu ‘I don’t like Monday’ yang tulis oleh orang Sir Bob Geldof [dia mendapat gelar bangsawan dari Kerajaan Inggris] dan dinyanyikan oleh The Boomtown Rats. Dan ada pula komunitas-komunitas media sosial “ I hate Monday”. Namun coba deh kita cerna pelan-pelan, apakah yang beda di hari Senin untuk anda? di seluruh dunia , ada istilah
Kalau untuk saya pribadi ternyata setelah ditimbang dan dianalisa hari Senin sama aja tuh, dengan aktivitas yang sama, kegiatan yang sama, beban kerjaan yang sama. Tapi kenapa saya juga benci dan mengutuki hari Senin yang ga salah apa-apa? Syndrome benci hari Senin biasanya mulai muncul pada minggu malam atau di akhir weekend dan akan semakin memuncak di Senin pagi harinya. Syndrome ini muncul karena perbedaan load pekerjaan yang kontras di hari sabtu-minggu dan hari Senin, setelah santai banget eh langsung menghadapi aktivitas yang padat. Load kerjaan yang kontras ini menyebabkan muncul sugesti dan repetisi kalau Senin itu “ nyebelin”. Sugesti adalah proses yang mempengaruhi seseorang sehingga menerima pikiran dan keyakinan, tanpa bersikap kritis. Repetisi “Senin neraka jahanam” yang terulang-ulang dengan intensitas tinggi pada otak akan membuat kita sangat percaya bahwa Senin memang menyebalkan dan terbawa pada semua aktivitas kita, jadi males kerja dan ogah-ogahan. “You are what you think” atau” your activities depend on your mind”, nah itu yang bikin hari Senin emang jadi menyebalkan, tak lain tak bukan ya karena pikiran kita sendiri.


Terus apa iya kita mau selamanya terjebak dalam pikiran dan siksaan kalau hari Senin itu menyebalkan. Kalau saya tidak mau lagi. Kita lah yang wajib mengubah diri kita sendiri untuk menanamkan ke alam bawah sadar bahwa Senin akan tetap baik-baik saja. Perlu bantuan psikolog untuk menanamkan ini? Nggak lah ngabis-ngabisin duit lagi, kita sendiri bisa kok. Mari kita pikirkan apa saja yang bisa kita wujudkan selama 24 jam di hari Senin. Kalau di otak lagi dijejali pikiran meeting yang membosankan atau menguras energi ya kita ubah misal aja di meeting ini sebagai ajang unjuk kompetensi kita “ pamer kesaktian “ atau bayangin ketemu klien baru yang “good looking”. Lebih asik kan.
Berita Selengkapnya, Klik di Sini.

0 comments:

My Youtube Profile

Loading...